Skip to content

-->
->Home arrow Tentang E-Learning
Pemrograman Erlang: Aplikasi Benchmark Web Server “WIIBENCH” untuk SO UNIX-Like Print E-mail
Sabtu, 07 Juli 2007

{

Abstraksi

Tonny Adhi Sabastian. 51402015.

Skripsi. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2006

Kata kunci : Erlang, Web Server, Benchmark, Linux, Unix-Like

Perkembangan pesat di dunia internet sekarang ini telah menjadikan web sebagai salah satu sarana pendistribusian informasi yang digunakan oleh masyarakat di dunia. Peningkatan jumlah situs web tersebut tentu saja diiringi dengan peningkatan jumlah web server yang beroperasi di internet


, baik web server yang disediakan oleh hosting provider untuk masyarakat umum maupun web server milik berbagai institusi dan perusahaan yang ada di masyarakat. Agar dapat memberikan quality of service (QoS) yang baik, para sysadmin ataupun netadmin yang mengelola server tersebut harus mengetahui performa yang dimiliki oleh server yang mereka kelola. Oleh karena itu dibutuhkan seuah aplikasi benchmark untuk web server, khususnya web server yang bekerja pada lingkungan Unix-Like yang merupakan sistem operasi mayoritas yang digunakan sebagai server.

WiiBench dibuat dengan menggunakan concurrent oriented language yakni Erlang untuk melakukan kegiatan benchmark terhadap web server dan memberikan laporan kepada pengelola web server mengenai throughput dari server tersebut. Skenario benchmark dapat ditulis secara fleksibel oleh pengguna sesuai dengan beban yang ingin diberikan kepada server melalui Extensible Markup Language (XML). WiiBench juga dapat didistribusikan pada jaringan pada saat melakukan benchmark sehingga memberikan skalabilitas pada aplikasi.

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para netadmin dan sysadmin dalam mengetahui performa dari server yang mereka kelola dan agar mereka mampu melakukan tuning sebaik mungkin pada sistem yang dikelola untuk memberikan quality of service yang terbaik bagi para pengguna.

Info lanjut:

This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it (program is Open Source)

Last Updated ( Kamis, 23 Agustus 2007 )
 
< Prev   Next >

Newsflash

Istilah e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas. Sebelum kata e-Learning menjadi popular, banyak istilah pembelajaran yang telah digunakan dan masih tetap digunakan, seperti istilah berikut ini: