Skip to content

-->
->
Peringkat PT Kemenristek Dikti 2015 Print E-mail
Rabu, 19 Agustus 2015

Selamat kepada seluruh civitas akademika Universitas Gunadarma atas keberhasilan memperoleh penghargaan peringkat kedua dalam pemeringkatan  Perguruan Tinggi Indonesia yang dilakukan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Universitas Gunadarma  masuk dalam kluster satu Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas manajemen. Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia diumumkan oleh Kemenristek Dikti setelah Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2015. Klasifikasi dan pemeringkatan kluster satu tahun ini dilakukan berdasarkan 4 kriteria penilaian, yaitu kualitas manajemen, kualitas sumber daya manusia, kualitas penelitian dan publikasi dan kualitas kegiatan kemahasiswaan.

Secara keseluruhan pemegang gelar Perguruan Tinggi Indonesia terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), diikuti oleh 10 PT lainnya yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin.

Berikut ini adalah hasil pemeringkatan per kriteria penilaian :

Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas manajemen

Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Universitas Gunadarma, ITS, UGM, UI, ITB, IPB, Universitas Kristen Petra, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Islam Indonesia.

Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas sumber daya manusia

IPB, UGM, ITB, Universitas Negeri Malang, UI, Universitas Negeri Makassar, ITS, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Bengkulu.

Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi

ITB, IPB, UI, UGM, Unpad, Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, ITS, dan Undip.

Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas kegiatan kemahasiswaan

UGM di posisi puncak, diikuti ITS, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, UI, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman, dan Undip.

 

Referensi :

http://m.news.viva.co.id/news/read/662072-ini-daftar-universitas-terbaik-di-indonesia

http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/08/17/17-an-kemenristek-dikti-lansir-peringkat-perguruan-tinggi-di-indonesia/

Last Updated ( Rabu, 19 Agustus 2015 )
 
Next >

Newsflash


Info dari: http://wiryana.pandu.org/
Fenomena maraknya pemanfaatan TI dalam dunia pendidikan Indonesia menarik untuk dilihat. Perangkat luak seperti word processor, spreadshet, dan presentasi sudah banyak digunakan oleh mahasiswa, siswa dan umum. Proyek e-learning dan digital library telah bertaburan. Sayangnya program aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengelolaan pustaka, penelusuran literatur, masih banyak belum dikenal oleh para pengajar, dan mahasiswa di Indonesia.