Skip to content

-->
->
Pengelolaan pustaka menggunakan BibTeX Print E-mail
Kamis, 09 Agustus 2007


Info dari: http://wiryana.pandu.org/
Fenomena maraknya pemanfaatan TI dalam dunia pendidikan Indonesia menarik untuk dilihat. Perangkat luak seperti word processor, spreadshet, dan presentasi sudah banyak digunakan oleh mahasiswa, siswa dan umum. Proyek e-learning dan digital library telah bertaburan. Sayangnya program aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengelolaan pustaka, penelusuran literatur, masih banyak belum dikenal oleh para pengajar, dan mahasiswa di Indonesia.

Program seperti EndNote, BiblioScape, dan BibTeX, masih belum banyak yang mengetahuinya, apalagi menggunakannya. Termasuk di kalangan mereka yang tergolong pengajar, dan peneliti. Apakah ini merupakan cerminan masih minimnya dunia riset di Indonesia, sehingga tak membutuhkan program sejenis ini ? Kami tak berani berspekulasi, sebab mungkin juga ini karena masih minimnya informasi tentang program sejenis itu.

Untuk membagi informasi tentang program sejenis itulah, saya dan istri saya (Ernianti Hasibuan) menuliskan buku tentang “Pengelolaan pustaka menggunakan BibTeX”. Buku ini disusun sebagai dorongan untuk menambah pengetahuan para mahasiswa maupun rekan pengajar atau siapapun yang sering mengelola pustaka dan sumber informasi. Penguasaan teknologi ini diharapkan akan membantu proses pembelajaran dan peneliti di masa depan.

Perangkat bantu yang tepat dapat mengakselerasi penyelesaian suatu pekerjaan. Juga memungkinkan melakukan sharing dan memanfaatkan apa yang pernah orang lain atau diri sendiri buat sebelumnya. Sehingga para mahasiswa, peneliti atau pengajar dapat saling bertukar pakai daftar BibTeX yang dimilikinya, sehingga secara kolektif akan dapat mengakselerasi proses pencarian literatur secara bersama-sama.

Pembahasan pada buku ini meliputi :

  1. Prinsip kerja BibTeX
  2. Menjalankan BibTeX
  3. Membuata database secara manual
  4. Menggunakan JabRef
  5. Membuat database dengan JabRef
  6. Mengimport dan mengeksport
  7. Penggunaan lanjutan JabRef
  8. Mengeloka koleksi pustaka
  9. Memanfaatkan layanan online
  10. Memanfaatkan database BibTeX
  11. Memperkaya pengunaan BibTeX

Buku berukuran 158 jalaman ini diterbitkan oleh Penerbit Graha Ilmu dengan ISBN : 978-979-756-189-5. Harga di pasaran saya kurang tahu pasti. Silahkan hubungi toko buku terdekat. Untuk membahas pemanfaatan BibTeX kami menggunakan program Jabref[http://jabref.sourceforge.net/] yang dapat dijalankan baik di MS Windows, dan tentu saja di Linux dan dapat diperoleh secara bebas.

Last Updated ( Kamis, 23 Agustus 2007 )
 
< Prev

Newsflash

Jam 9 malem di noc bukit besar, setelah pulang dari hotel sanjaya dan setelah di wawancarai dikti tentang elearning, timbul lah ide bagaimana membangun komunitas elearning dengan biaya minim alias tanpa ada insentif dari manapun juga.

kondisi yang ada adalah dosen saat ini tidak memiliki materi kuliah dalam bentuk digital dan belum banyak yg bisa